Catatan Pendek: Richard Curtis’s About Time

Hidup merupakan rangkaian rahasia yang terbentuk dari jutaan kemungkinan-kemungkinan yang timbul dari keputusan-keputusan yang kita ambil. Detik ini, status yang kita jalani dan orang-orang yang kita temui merupakan konsekuensi keputusan dan pemikiran kita di masa yang telah lampau. Yang menarik dari hidup adalah bagaimana kita diciptakan untuk terus maju tanpa pernah bisa mengubah kembali keputusan-keputusan yang kita ambil dengan segala konsekuensinya.

Bagaimana jika kita bisa kembali ke masa lalu dan dapat mengubah keputusan kita? Itulah kiranya gambaran yang diangkat oleh film garapan sutradara dan penulis film kawakan Richard Curtis tentang kisah seorang ayah dan anak dengan kemampuan untuk melakukan time travel ke masa lalu. Hampir sulit untuk menemukan kesan sci-fi atau fantasy dalam film yang tak masuk logika ini karena penonton akan dibawa terlarut dalam dinamika hubungan antarmanusia yang kompleks serta tatanan cerita yang apik.

Film ini memukau secara keseluruhan, gambaran lengkap hidup manusia dengan perspektif berbeda. Sekali lagi, film ini mengingatkan bahwa sebesar apapun kuasa manusia untuk mengubah keputusan, ada bagian-bagian yang tak terjangkau tangan-tangan kuasa manusia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s