18.45

Tiba-tiba saya merasa lelah setelah melihat fakta bahwa masih banyak pekerjaan menumpuk, agenda menunggu, dan skripsi yang tak bisa ditunda lagi. Dan lagi, ada beberapa tanggung jawab yang mulai tertinggal, sementara tanggung jawab baru terus muncul meminta untuk diselesaikan. Saya mulai depresi, terlebih saat saya melihat berita-berita yang berseliweran di lini masa atau di koran-koran yang tergeletak di meja tamu kantor. Sulit rasanya untuk berpikir positif belakangan ini.

Seperti biasa, saya ‘lari’ sebentar dari semua kesibukan tersebut. Mencoba tidur lebih banyak (ternyata ini bukan solusi) dan mencoba membuka lagi koleksi buku dan film yang ada di rumah. Masih saja suntuk.

Namun, seminggu terakhir ternyata jadi pekan yang menyenangkan. Saya bertemu banyak orang baru, semuanya jauh lebih muda dari saya. Saya diminta untuk menjadi fasilitator untuk program pengenalan karir di Fakultas, dan sesi yang saya dan kawan-kawan lain pandu mengharuskan setiap peserta, termasuk saya untuk dapat terbuka dan bercerita tentang kelebihan dan kekurangan diri masing-masing serta capaian terbesar yang pernah diraih.

Ternyata, saya sering lupa bahwa Tuhan tak pernah meminta melebihi dari kemampuan kita. Banyak cerita menggugah, yang sayangnya tidak dapat saya ceritakan satu persatu. Alhasil, saya belajar untuk mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup. Hal-hal yang sebenarnya sering saya tulis di banyak kesempatan, tapi terlupa karena kesibukan.

Akhirnya, saya mencoba menikmati sedikit waktu luang. Saya mencoba lebih sabar waktu belajar dengan anak-anak di tempat saya mengajar kemarin, tertawa dengan rekan-rekan, menikmati makan malam di luar dan tiba di rumah lebih cepat.

Well, jadilah saya punya waktu untuk refleksi. Saya berjalan terlalu cepat belakangan ini, juga mengkhawatirkan terlalu banyak hal. Dan saya teringat kata-kata seorang peserta diskusi kemarin, “semuanya akan baik-baik saja, jika belum baik, maka itu belum berakhir”.

Leave a Reply

