Refleksi Aksi 2 Mei 2016: World Class Mentality untuk World Class University

 

Aksi 2 Mei

Mengutip (sambil mengubah) perkataan sahabat saya bahwa pendidikan itu bukan cuma tentang duduk manis dan mengerjakan tugas di kelas. Atau bukan mengerjakan setumpuk tugas dan membaca tumpukan buku supaya tidak jadi berdebu.

Tujuan akhir pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia, menciptakan manusia-manusia yang menggunakan intelektualitas dan nuraninya untuk kebaikan orang yang lebih banyak. Sebuah kegagalan jika pendidikan memproduksi orang-orang yang kompetitif dalam bersaing dengan mesin-mesin pencari kerja lainnya. Hari ini, atas ‘ajakan’ dari ibu Rektor, mahasiswa UGM berhasil membuktikan bahwa kuliahnya tidak sia-sia.

Jangan pernah lupa, tidak ada yang sempurna. Selama aksi tadi mungkin ada mahasiswa yang kelewatan, melemparkan satu-dua makian atau melakukan hal-hal yang mungkin tidak sopan. Itu perlu jadi catatan penting dalam membangun sikap elegan supaya kita tidak terjebak melakukan hal-hal negatif sebagaimana yang dilakukan oleh beberapa guru kita di radio tadi malam.

Terlepas dari apapun yang terjadi tanggal 2 Mei, yang penting adalah hari besok. Bagaimana mahasiswa bisa secara konsisten mengawal isu ini dan bagaimana Rektorat bisa mengembalikan kepercayaan mahasiswa dengan menjaga janji-janjinya hari ini.

Hal penting lainnya adalah membangun komunikasi positif antara guru dan murid. Dalam diskusi dengan beberapa teman malam ini, muncul sebuah pendapat bahwa “wajar saja anak-anak tidak sopan dengan orang tua, karena Universitas selama ini dikelola dengan perspektif konsumen-provider service, dimana mahasiswa membayar dan Universitas menyediakan layanan. Dalam perspektif ini, sopan santun tidak relevan”. Maka dari itu penting untuk menyediakan ruang komunikasi yang rutin dan terbuka.

Meminjam kutipan dari salah satu guru saya dalam diskusi malam ini: “Kita perlu world class mentality untuk menjadi world class university”.

– – – – – –

Yogyakarta 3 Mei 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s